3 Type Social Media Untuk Meningkatkan Engagement

Social media sebagai traffic source yang gratis yang masih sangat sangat bisa untuk di andalkan dalam mendatangkan traffic..

Mind set ini masih bertahan di dalam pikiran saya. Oleh karena itu, dalam memanfaatkan social media, kita perlu sebuah engagement..


Apa itu engagement?

Engagement sendiri dapat saya artikan secara simple adalah feedback atau respon audience kita di social media. Semakin besar engagement semakin besar juga kemungkinan mereka akan membeli produk yang kita jual...

Banyak sekali model atau tipe postingan di social media. Semakin banyak, semakin bingung hehe
Setidaknya saya telah merangkumnya menjadi 3 macam social media post yang bisa meningkatkan engagement kita di social media...

Hanya 4 saja, tidak banyak. Jadi kalau mau belajar, ya jangan nunda nunda, toh mainan social media modalnya juga internet aja kan? Intinya, jangan lupa praktek ya hehe

TIPE POST #1 - INTERACTIVE CONTENT

Nah, pada tipe ini, intinye kita membuat sebuah content post yang membuat orang bisa langsung berinteraksi dengan kita (sebagai penjual)...

Dan ini mau tidak mau dilakukan oleh mereka. Contoh, adalah quiz post atau survey/poll post. Jika mereka menjawab sebuah quiz maka mereka mendapatkan hadiah misalnya..

Intinya membuat mereka berinteraksi dengan mereka dan memaksa mereka secara halus untuk wajib melakukan interaksi itu...
Apakah ini bagus? Tentu iya, asalkan semua di biasakan. Mungkin di awal awal akan memberikan dampak negatif, namun dengan terbiasanya audience dengan engagement yang anda lakukan, maka mereka juga akan "cinta" dengan anda.. 

Kalau sudah cinta, jangankan jadi pembeli, jadi pelanggan pun mereka rela. Make sense? :D

TIPE POST #2 - LIVE STREAM

Percaya atau gak percaya saya juga sudah merasakan model post seperti ini. LIVE STREAM post ini memang membuat orang mendapatkan notifikasi ketika misalnya kita lagi live FB, terus ada temen join dapet notif lagi. 

Begitu juga di YT, instagram pun sepertinya mirip mirip seperti itu....
Jadi, tidak begitu heran sih, kalau post model seperti ini sangat sangat bisa memungkinkan untuk menaikkan engagement kita di hadapan audience kita..
Bahkan. jika kita logiskan kembali..

Video post saja, tanpa live video ya, itu engagementnya sudah sangat bagus. Lalu bagaimana jika video post namun live? Bukannya tambah keren bro? 

TIPE POST #3 - MEME DAN MOTIVASI QUOTE

Ada dua tujuan untuk tipe post yang ini. Tujuan pertama biasanya mengajak orang untuk ikut lelap dalam canda tawa. 

Secara logika, lelap disini adalah mengikuti, yang berarti mengikuti akan ketagihan juga. Engagement? hehe

Kedua, motivasi quote. Ini tentu sudah pasti dong tujuannya untuk mendapakan real respect pada audience kita. 

Quote ini bahkan bisa kita buat dari quote kita sendiri, atau orang lain...
Dan terakhir, antara quote dan meme ini bahkan bisa digabungkan. Misalnya gambar meme yang di sampingnya ada quote menarik. Asik kan?

Itu tadi adalah tipe tipe post yang setidaknya menurut saya akan sangat bisa menaikkan engagement kita di hadapan audience..

Namun, itu bukan satu satunya faktor. Masih ada faktor lainnya, misal tentang timing post kita di social media yang sudah pernah saya tulis disini » https://t.me/adhityatrigantengdewe/276

Sebenarnya pun, pada dasarnya bermain sekaligus berjualan di social media adalah belajar bagaimana bermasyarakat, namun ada di dunia maya atau digital. Jadi, hukumnya pun tidak akan jauh berbeda ketika kita berkehidupan nyata...

Silahkan praktek, rasakan hasilnya...

Semoga bermanfaat,