1/ Buatlah Fanspage Dulu
Beriklan di facebook itu berarti harus punya fanspage ya. Jadi ini sudah
sangat jelas, harus punya fanspae dulu. Kalau gak punya fanspage, ya bikin
dulu. Bikin fanspage itu gratis dan mudah sekali.
2/ Logika dan Mind Set Beriklan Harus Selaras
Nah, ini nih yang biasanya paling banyak saya temukan masalahnya hehe
Logikany gak jalan, Mind Setnya jalan jalan, Akhirnya, keduanya tidak
bisa berjalan bersamaan (tidak selaras)...
Logika berfikir dalam beriklan di facebook menurut saya simple, pasang
budget, urusan hasil urusan belakang, urusan teknis nanti di optimasi sama yang
ahli, intinya tanamkan logika bahwa berikan di facebook adalah hal simple,
bahkan sangat bisa di anggap dengan logika bahwa beriklan di facebook itu
investasi jangka panjang. Sangat bisa!
Mind Set? Nah! Saya sudah berkali kali bilang, entah dalam tulisan, atau
lisan, bahkan chat pribadi. Mind set itu sangat penting, sama seperti kita
bikin rumah, mind set itu adalah pondasi rumah.
Logisnya, jika pondasinya saja
sudah salah susunannya, masak iya rumahnya akan bagus? Masak iya rumahnya akan
bertahan lama? Tentu ini sudah jelas jawabannya.
Maka dari itu, mind set harus
benar dulu, yaaa setidaknya mind setnya bisa selaras lah dengan logikanya. Lalu
gimana mind set yang benar itu?
Menurut saya pribadi, mind set yang benar dalam
beriklan di facebook adalah tidak takut untuk membuat iklan, selama iklan yg di
jalankan sudah sesuai aturan dari facebook itu sendiri.
Terlebih lagi, tidak
takut kehilangan uang (budget) karena ini adalah "INVESTASI JANGKA
PANJANG" (based on logika tadi ya). Dari sini jelas, secara psikologis
nanti auranya akan sangat berbeda. Coba deh!
3/ Belajar dan Belajar dari yang punya rumah sampai ke sesama penumpang
Banyak yang salah jalan karena hal ini. Mereka mengira bahwa fb ads itu
simple, pokoknya ikuti panduan sana sini urusan selesai.
Saya sendiri sangat
yakin, facebook bukan platform abal abal, apalagi asal dibuat. Itulah kenapa
saya juga yakin, ketika mereka menyediakan ruang luas di dalam fb ads, tdk
mungkin fb ini tdk menyediakan panduannya. Pelajari panduan dari mereka dulu.
Sampai tamat!
Nah, jika urusan ini sudah beres, sangat di sarankan untuk belajar juga
kepada sesama penumpang. Maksudnya? Ya sesama orang orang yang sudah beriklan
di facebook juga. Bisa di workshop, bisa ecourse, atau bahkan private. Intinya
belajar terus.
Sampai kapan? gak tau. Menurut saya, facebook ads itu adalah ilmu paling
dinamis selain ilmu politik. Jadi, ketika kita berhenti belajar, maka sampai
titik itulah kita sudah gagal menjadi orang sukses. Get it? :D
4/ Serahkan pada ahlinya!
Ini hanya pilihan tapi ini bisa menjadi jalan terbaik. Saya sudah
mengalami. Sedikit cerita, saya sudah berani beriklan di facebook sejak 2015,
tapi baru benar benar paham bagaimana alurnya, adalah akhir tahun 2017 lalu.
Selama rentang 2015-2017 apakah saya tdk beriklan? Oh tentu tetap menjalankan
iklan, tapi bukan saya yang jalanin, yang jalanin ya orang lain. Saya bayar
mereka, mereka yang kerja. Sembari saya belajar fb ads sendiri dari google,
facebook, dan youtube juga...
Poin pentingnya, saya tdk mau, waktu saya habis hanya untuk gagal saja,
saya maunya gagal, belajar, dan kemudian bisa sukses.
Syukurlah, akhirnya saya
menemukan alurnya itu akhir 2017 lalu.
Jadi, memang menyewa jasa fb ads itu kadang perlu, bahkan menjadi
kewajiban kalau memang kita bahkan bukan ahli di bidang ini. Gak ada salahnya
mencoba kan? Hehe
5/ NO BUDGET NO ADS!
Hukum mutlak ya. Jadi kalau mau jalanin iklan, jangan takut untuk
menyediakan budgetnya. Saya tdk bilang harus budget besar lo ya, tp harus ada
yang di sediakan..
jadi, kalau sudah siap beriklan, ya harus siap bayar iklannya. Jadi kala
sudah punya pikiran bahwa ini investasi jangka panjang, ya harus siap untuk
mengeluarkan dana itu.
Ya benar sekali, mungkin modalnya gak ada, mungkin dananya mepet. Justru
karena itulah, pertanyaannya adalah "haruskah anda beriklan fb?".
Karena
jangan sampai, anda sudah belajar sana sini, ternyata ketika suruh bayar gak
mau. Ini yang repot jadinya hehe
Semoga bermanfaat ya,