4 Tahapan Membuat Social Media Marketing Strategis

Saya masih yakin 100% bahwa traffic dari sosial media itu adalah traffic yang sangat sangat tidak mungkin untuk tidak di manfaatkan. 

Di luar faktor, berbayar atau gratis, semua itu hanya tentang mind set dan teknisnya masing masing marketer kan? 

Namun, saya sangat sangat yakin, dari kita semua bahwa sosial media terlalu "eman" jika tidak di manfaatkan untuk mendatangkan sebuah traffic...
Masalahnya..

Platform sosial media yang begitu banyak, misal facebook, twitter, instagram, dllnya masih sangat buanyak memiliki model, hingga behaviour yang berbeda beda. Berbeda beda dari sisi user, hingga cara menggunakannya...


Semua itu pun,

Semakin di perparah bahwa memanfaatkan sosial media sebagai traffic source itu saingannya juga tentu tidak sedikit kan?

Dan oleh karena itulah..

Kita butuh namanya STRATEGI untuk semua itu..

Tujuannya sudah sangat jelas..

Agar tidak salah jalan...

Apalagi sampai jalan jalan hehe

Jadi..

Di tulisan kali ini saya ingin share sedikit ttg tahapan tahapan untuk social media marketing yang menurut saya, ini masih masih sangat relevan untuk semua bidang bisnis apapun...

TAHAPAN #1 - GUNAKAN S.M.A.R.T GOAL SEBAGAI ACUAN
N
ah, ini sebenarnya bukan bahasan baru kok. Ini sudah banyak yang membahas, termasuk saya juga pernah sesekali membahas ttg SMART ini..

SMART ini terdiri dari singkatan sebagai berikut ini;


S: Spesific » SPESIFIK

M: Measureable » TERUKUR

A: Attainable » DAPAT DI CAPAI

R: Relevant » RELEVAN

T: Time-Bound » ADA BATAS WAKTUNYA

Di tulisan lain saya akan membahas lebih detail ttg SMART ini pada poinnya masing masing. Namun, di tulisan ini intinya saya akan menjelaskan sedikit saja...

Artinya, dalam sosial media kita harus benar benar SPESIFIK dalam menentukan target kita itu siapa, produknya apa, dan seterusnya. 

Selain itu, semua itu harus benar benar TERUKUR, mulai dari jumlah audience, jumlah produk dan seterusnya. Selain itu, semua itu juga DAPAT DICAPAI dan masih sangat RELEVAN untuk di jalankan. 

Nah, kalau semua itu sudah tercukupi, sebagai "GOAL" maka semua itu harus ada BATAS WAKTU yang memberikan garis pembatas untuk kita dalam menjalankan strategi ini..

TAHAPAN #2 - PELAJARI HINGGA KE AKAR AKARNYA TTG AUDIENCE ANDA
Menurut saya, ini tahapan yang gampang gampang susah, tapi jika di lewatkan bisa jadi masalah yang gak gampang dalam menyelesaikannya. 

Itulah kenapa, harus sampai pada akar akarnya..
Dalam mempelajari audience, kita tidak cukup misalkan mengukur berapa umurnya dimana bekerjanya. 

Namun lebih daripada itu harus sampai ke dalam audience itu sendiri mulai dari dia hapenya apa, browsernya apa, jaringan hapenya apa, kartu sim cardnya memakai jaringan apa dan seterusnya..

Sampai pada titik ini, ada satu benang merah yang kita harus pahami bahwa dalam memilih audience, artinya kita tidak jauh berbeda harus benar benar memahami mereka secara mendalam...

TAHAPAN #3 - SPY YOUR COMPETITOR

Sudah tau maksudnya? bahwa kompetitor (selanjutnya saya sebut saingan), itu adalah mereka yang menakutkan, menurut saya ini mind set yang salah juga. 

Pesaing, atau sebut saja saingan itu adalah darah segar yang harus kita nikmati, bahkan kalau bisa kita join dengan mereka..

Banyak sekali manfaat dari apa yang bisa kita dapatkan dari saingan ini. Salah satunya adalah bahan bakar untuk kita dalam menjalankan bisnis kita. 

Hal wajib, kita harus selalu berpikiran positif kepada mereka, alih alih berifikiran bahwa kita berfikiran bahwa mereka bisa mematikan bisnis kita..
Artinya..

Dengan adanya saingan inilah, ini adalah momen terbaik untuk membuat bisnis kita semakin berkembang pesat, membuat kita semakin "cerdas" dalam memainkan market. 

Hasilnya? Semua itu biarkan market dan audience kita yang menilai, tugas kita hanyalah memberikan yang terbaik untuk "mereka"

TAHAPAN #4 - EVALUASI APA YANG SUDAH DILAKUKAN

Nah, ini sudah masuk di tahapan tahapan akhir nih. Artinya, kita sudah mulai memerlukan namanya evaluasi ttg apa yang sudah kita lakukan di sosial media...