7 CARA MEMBUAT PENAWARAN YANG SULIT DI TOLAK

MEMBERIKAN PENAWARAN YANG SULIT DI TOLAK

Pernah merasa gak ketika kita membaca sebuah penawaran sebuah produk lalu kita merasa harus membelinya?

Pernah merasa gak ketika kita melihat sebuah iklan yang ada di pikiran kita hanya BELI, BELI dan BELI?

Kalau pernah, berarti kita harus TOOSSS dlu, karena senasib haha

Tapi,

Itulah hebatnya marketing..

Dimana bisa membuat seseorang seakan akan sulit menolak apa yang di tulis dan katakan. Itulah hebatnya mereka yang bisa membuat penawaran semacam itu..

Nah..

Pertanyannya adalah...

Apakah anda saat ini ingin membuat hal yang sama? Prosesnya panjang, namun bukan berarti tidak mungkin untuk anda lakukan ya. So, markijut......MARI KITA LANJUT..

Bagaimana membuat sebuah penawaran yang sulit di tolak oleh calon pembeli kita?

Saya sendiri bukan seorang penjual yang melulu jualan lalu laris manis. Tapi, lebih daripada itu, saya pernah mengalami masa dimana produk yang saya jual bisa mendatangkan profit diluar dugaan saya, bahasa mudahnya INSTANT MONEY....

So..

Bagaimana caranya..

Ada beberapa tahapan, dan tahapan ini harus kita lalui banyak jalannya ya..


TAHAP #1 - PAHAMI SIAPA DIRIMU DULU

Mengapa bagian ini saya taruh pada poin 1? Karena, saya berani jamin 100% ketika urusan nomer 1 belum selesai, maka urusan selanjutnya tidak akan selesai juga..
Ambil contoh gini..

Jika saja anda belum pede untuk jualan, belum juga paham gimana itu bisnis yang seharusnya, belum tau apa saja yang harus di siapkan  dari mentalnya. 

Maka, bagaimana mungkin anda bisa paham ttg FB Ads misalnya? Logis? Lanjut...

Maka dari itu..

Pahami dulu siapa diri anda sesungguhnya. Dimana kelemahan anda, dimana kelebihan anda. Dari sini, akhirnya anda tahu, harus kemana dan harus bagaimana...

Ketika anda tidak "menyelesaikan" urusan anda sendiri, maka bersiaplah untuk tidak bisa menyelesaikan urusan lainnya. Ini simple, urusan kecil, tapi jika di abaikan, akibatnya fatal...

Maka dari itu, jangan heran jika anda banyak melihat kejadian dimana orang orang yang sering ikut seminar, WS, beli tools, panduan dllnya itu tapi tidak menghasilkan, karena dasar dari dirinya sendiri pun belum di pahami...

TAHAP #2 - PRODUK YANG JELAS UNTUK DIJUAL

Kata jelas dari judul di tahapan ini bukan berarti nampak ya, tapi jelas arahnya. Maksud saya gini, misalnya anda jualan sepatu. Maka anda harus bisa membuat produk ini sejelas mungkin. 

Kapan jualannya? Kapan edukasinya? Kapan cari audience barunya? Kapan supportnya? Dan masih buanyak lagi..

Posisi struktur yang jelas dari produk sendiri disini akan menjadi sangat strategis ketika dia sendiri di pahami oleh penjualnya..

Logikanya, bagaimana bisa pembeli bisa paham kalau penjualnya belum juga paham sama produknya sendiri? Hehe

TAHAP #3 - SISTEM FUNNEL YANG JELAS DAN TERUS DI SCALE UP

Saya masih percaya, bahwa funnel itu adalah sesuatu yang wajib kita jalankan dalam menjual sebuah produk. 

Melihat bahwa fakta saat ini, digital marketing semakin berkembang, funneling ini sangat tidak layak di lewatkan....

Secara kasat mata, sudah jelas manfaat funneling itu adalah menaikkan profit sebesar mungkin, meningkatkan penjualan sebanyak banyak..

Tapi..

Pernah gak kepikiran bahwa dari funnel ini kita bisa meningkatkan branding kita di mata pembeli. Dari funnel jugalah, kita bisa meningkatkan awarness kita di mata pembeli...

Dari funnel ini ada sebuah proses panjang yang membuat seseorang melihat kita sebagai penjual berkali kali, bahkan puluhan kali....

Dari semua itu, sistem funnel akan selalu berubah ubah, seiring berkembangnya jaman, apalagi digital marketing ini. 

Maka dari itu, ketika anda saat ini sudah memiliki sistem funnel yang sudah anda pastikan work, jangan bersantai, teruslah membuat inovasi dan terobosan yang bisa membuat funnel tsb berjalan semestinya. Faktanya, behaviour seorang pembeli itu berubah ubah....

Oh ya, bicara ttg funnel, saya juga pernah menulis sebuah studi kasus ttg funnel yang menghasilkan $13000 dalam 1 minggu 

Pertama, kita harus memahami cara main sales funnel dan prinsip sebuah sales funnel...

Sales funnel, sesuai y...

TAHAP #4 - BEKERJALAH SEBAGAI TIM, JANGAN JADI SUPERMAN

Banyak yang bilang bahwa mencari pekerjaan itu susah, tp mencari pekerja itu lebih susah. Oleh karena itu, mulai sekarang bangunlah sebuah tim yang benar benar mapan. 

Oke, mungkin anda tidak punya tim, tapi setidaknya anda punya orang yang bisa membantu anda pada bagian bagian teknis tertentu yang tidak mungkin anda lakukan sendiri. 

Nah, ini ada kaitannya dengan poin 1 tadi, dimana kita harus paham dimana kelemahan dan kelebihan kita ya...

Misalnya, anda tidak punya tim/karyawan, carilah partner, carilah seseorang yang bisa di hiring dan seterusnya...

Intinya, tidak ada seorang penjual yang bekerja sendirian dan menjadi superman. Harus ada super team misalnya hehe

TAHAP #5 - JANGAN TAKUT RUGI KARENA TRAFFIC SOURCE

Nah, kita sudah mulai bicara ke teknis ya. Banyak yang takut misalnya beriklan di facebook kemudian boncos, tapi ingatlah bahwa tanpa beriklan sekalipun apakah ada jaminan bahwa anda akan mendapatkan traffic source? 

Oke, ada traffic source gratis, namun anda sama sekali tidak salah ketika mencoba yang berbayar juga, kan?

TAHAP #6 - BESARKAN DATABASE PEMBELI ANDA

Jika kita ingin membangun sebuah bisnis yang bisa berjalan panjang waktunya, maka wajib hukumnya anda membangun sebuah database pembeli anda. ini wajib, dan gak bisa di tawar ya...

Dari database inilah, sesungguhnya, anda mau ngapain aja jadi tidak bingung mau di apain ke siapa. 

Misal ada produk baru, ya tinggal jualan ke database pembelinya, misal mau meet up ya tinggal ngajak mereka yang ada di database anda. Asik kan?

TAHAP #7 - BRANDING DAN AUTHORITY

Kekuatan branding anda harus benar benar kuat dimata mereka. 

Persoalan branding ini memang kadang rumit, tapi ingat, karena rumit inilah justru skill dan pengalaman kita akan semakin berkembang...

Untuk meningkat posisi branding dan authority kita di pasar banyak juga caranya. Di mulai dari hal yang paling mendasar, misalnya warna, logo, teks, hingga cara promosinya...

Tentu, sebenarnya tidak se-simple itu juga, tapi coba kita langsung terjun di dalamnya, saya pun yakin, maka disitulah kita akan memahaminya secara langsung juga....

Sekian sharing dari saya..

Semoga bermanfaat ya