6 Tips untuk Launching Produk Baru

PUNYA PRODUK BARU? TARGET BARU? TIPS UNTUK MELAUNCHINGNYA SEPERTI INI

Produk baru...

Audience baru...

Semangat baru...

Dan..

Pastinya, HARAPAN BARU!

Setuju?

Lalu bagaimana jika kita punya produk baru dan ingin melaunchingnya ke publik dan ingin 

semuanya berjalan sesuai dengan harapan?

Tentunya, ini semua bukan cuma sebuah kebetulan, kan?

Hasil yang di dapatkan, pasti ada polanya..

Hasil yang di dapatkan, pasti ada "SOMETHING" yang membuatnya berhasil..

Saya yakin itu!

Lalu bagaimana agar ketika melaunching sebuah produk baru yang terhitung masih brand baru, penjualannya bisa meledak ledak?

Ada beberapa tahap yang harus di lalui, masalah hasil itu biasanya akan mengikuti. Ini tahapan tahapan yang wajib anda lalui..

PERTAMA - KEKUATAN RELASI YANG BAGUS

Tidak perlu di jelaskan, hal ini sudah menjadi hal wajib untuk seluruh bidang bisnis kan? Apalagi bagi "sesuatu yang baru". 


Relasi yang besar, relasi yang bagus dengan banyak kawan bisnis, ini akan memberikan dampak tersendiri, terutama dalam building new audience ini. Relasi akan membuat jaringan kita semakin luas, walaupun cakupan bisnis kita terlihat sempit!

KEDUA - TIM BUILDING YANG BAGUS DAN TERKONTROL

Pernah mendenger seseorang yg sukses dalam mengeluarkan produk barunya dia kerja sendirian? 

Saya sendiri belum pernah mendengar itu. Kebanyakan dari mereka, setidaknya mereka meminta bantuan orang lain, entah itu karyawannya, entah itu hire personal, atau bahkan sistem partnershipnya. 

Pembagian tugas, menjadi sangat penting dan akan menjadi mendekati sempurna ketika personal personal yang ada di dalamnya memiliki integritas yang sangat baik untuk tugasnya masing masing

KETIGA - MENCARI KEPINGAN KEGAGALAN

Gagal yang saya maksud adalah bagian dari bisnis yang anda jalankan. Kegagalan ini akan menjadi bahan belajar tersendiri untuk anda sekaligus bisnis anda sendiri. 

Ini tidak bisa di bayar dengan uang pastinya. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki jatah gagal yang banyak, sekaligus belajar yang banyak juga dari tahap gagal ini. 

Dari kegagalan juga kita akan tahu, dimana letak kekurangan/kelemahan kita, dimana kelebihan/keunggulan kita!

KEEMPAT - BERANI SPENDING MONEY SELAMA ITU TERUKUR

Banyak sekali yang ingin target tinggi, tapi juga banyak yang tidak berani untuk spending money untuk bisnisnya, padahal sudah di ukur. 

Ukuran spending money ini sebenarnya sudah bisa di tebak keberhasilannya jika riset yang dilakukan sejak awal sebelum bisnis benar benar berjalan memang benar benar akurat risetnya. 

Tapi justru sebaliknya, banyak yg ingin mendapatkan hasil besar, tp juga ingin mengeluarkan spending money sekecil mungkin. 

KELIMA - JALANKAN!

Jangan banyak menyiapkan sesuatu yang tidak terlihat. Jangan juga terlalu banyak membayangkan kegagalannya. Selama seluruh produk, dan tim juga sudah siap, maka lakukanklah, dan jalankanlah. 

Lebih baik anda siap untuk gagal daripada anda gagal dalam sebuah persiapan, kan?

KEENAM - JANGAN LUPA SCALE UP BISNISNYA!

Produk baru, brand baru, audience baru, semuanya sudah pasti ada titik keberhasilannya, sekaligus titik kegagalannya, tapi semua itu tidak akan lengkap jika di dalamnya tidak anda persiapkan untuk scale up bisnisnya. 

Ketika berhasil, ketika gagal, keduanya jangan biarkan bisnis anda STUCK pada 1 posisi tertentu, akan lebih baik jika berkembang dari tahap ke tahap, tidak perlu cepat, yang anda perlukan adalah scale up yang stabil dan terlihat pergerakannya...

By the way...

Sebentar lagi masuk bulan agustus..

Ada momen kemerdekaan, kan?

Sudah menyiapkan penawaran penawaran kemerdekaan apa belum nih?

Semoga bermanfaat