5 CARA MENGHADAPI PERANG HARGA DAN PERSAINGAN HARGA

Dengan semakin berkembangnya digital marketing yang semakin pesat, maka semakin pesat pula perkembangan dari pengetahuan kita, dan semua orang disini. 

Entah itu pembeli, maupun penjual....
Dari sinilah, muncul sebuah persaingan antara penjual 1 dan penjual lainnya. Persaingan ini menurut saya sangatlah wajar, bahkan dengan semakin ketatnya persaingan semakin baguslah pasar yang di targetkan. 

Persaingan penjual dengan produk yang sama atau berbeda akan membuat pembeli semakin cerdas (terutama pengetahuannya). Cerdas dalam memilih penjual, cerdas dalam memilih produk, dan seterusnya...

Bagi saya pribadi, cerdasnya audience semakin membantu saya dalam menjual produk. Semakin cerdasnya audience ini juga semakin membuat kita sebagai penjual makin termotivasi untuk berinovasi dan sekaligus berlomba lomba untuk menaikkan kualitas bisnis sekaligus cara dagang kita...

YAPS! Itu seharusnya..


Masalahnya, tidak semua penjual mengerti akan hal itu. Sebut saja oknum, justru membuat persaingan yang sama sekali tidak sehat dengan menjatuhkan harga sebuah produk dari pasarnya. 

Ini menjadi masalah klasik, bahkan dari tahun tahun sebelum sekarang ini..
Banyak yang geram dari kita, membuat berbagai cara agar "perang harga" dengan menurunkan harga semurah mungkin ini tidak menghancurkan bisnis kita. 

Tapi, saya pribadi juga yakin bahwa, cara tercepat untuk mengancurkan bisnis kita sendiri adalah menurunkan harga produk yang kita jual semurah mungkin. Kalau setuju, boleh dong like comment dan sharenya :

Dari memulai bisnis sekitar 4 tahun lalu, saya benar benar menerima banyak permainan harga ini. Mulai dari di murahkan hingga di "injak injak"! 

Bahkan saya pernah menemukan dimana sebuah produk yang sebenarnya bisa dijual dengan harga 1 juta, malah jadi 100rb saja. Memang ini menjadi sangat gurih, karena pembeli mana yang tidak suka harga murah. 

Tapi, masalahnya tidak hanya sampai disitu saja, karena kualitas sebuah produk tidak bisa membohongi audience, apalagi audience yang sudah loyal dengan kita....

Pertanyannya..

Bagaimana menyikapi sekaligus menghadapi perang harga ini? 

Berikut ini sedikit tips dari saya yang mungkin bisa membantu teman teman disini ya 

#1 - BANGUN ASET BISNIS BERUPA DATABASE

Well, saya masih saya masih yakin 100% bahwa mereka yang tidak melayani perang harga dengan cara menurunkan harga produk semurah mungkin adalah mereka yang memiliki keyakinan 100% kepada produknya. 

Salah satu faktor yang membuat mereka yakin adalah mereka memiliki database pembeli yang sangat loyal. Mereka bahkan tidak pernah ketakutan untuk menjual produk yang lebih mahal dari kompetitor mereka 10x lipatnya. 

Karena dengan database inilah, kita bisa kapanpun menjual sebuah produk. Dengan catatan, membangun database ini dengan cara yang baik dan benar juga ya

#2 - QUALITY CONTROL

Jika mereka menurunkan harga semurah murah, jangan sampai anda ikut panas lalu ikut melakukan hal yang sama. Percaya deh, itu adalah cara paling cepat untuk menjatuhkan bisnis kawan kawan disini. 

Salah satu cara untuk menghadapi hal itu adalah dengan cara menunjukkan kualitas produk yang kita jual tetap nomer #1! Nah, dari sini, banyak manfaat yang kita dapatkan. 

Dengan meningkatkan kualitas, maka meningkat juga skill dan pengetahuan kita sekaligus bisnis kita. Mengontrol sebuah kualitas produk tentu bukan juga urusan yang mudah, tapi dari hal yang tidak mudah inilah kita bisa upgrade sekaligus scale up bisnis kita tentunya. 

Biarkan mereka menurunkan harga semurah murah, kita tetap meningkatkan skill dan sekaligus kualitas kita. Market akan cerdas dengan sendirinya thd hal tsb
M
ENENTUKAN HARGA PRODUK - DAN FAKTA PERANG HARGA PRODUK

Fakta yang ada saat ini memang kita lebih suka barang yang murah. Sudah jamak kita temukan ba...

#3 - NEW AUDIENCE IS KEY

Memiliki database itu memang penting, tapi jangan lupakan untuk mendatangkan audience baru. 

Dengan adanya audience baru ini, anggap saja ini adalah "makanan baru" yang harus kita makan. 

Layaknya sebuah barang yang baru, biasanya kita akan semangat untuk memakainya kan? 

Ini juga bisa berlaku sama dengan new audience ini. Salah satu cara untuk membuat NEW AUDIENCE ini bisa dengan look a like audience di FB Ads atau mungkin dengan cara viral marketing

#4 - SOCIAL PROOF

Bukti bahwa produk bagus, itu bukan dari kita sbg penjual ya, tapi dari pembeli yang sudah merasakan produk kita. 

Bahwa pembeli itu lebih percaya dengan pembeli lainnya itu sangat benar, bahkan mereka bisa saja tidak percaya sama sekali dengan penjualnya. 

Maka dari itu, rajin rajinlah mendatangkan testimonial dari pembeli anda. Dan semua itu bukanlah rekayasa ya, tapi real testimonial. 

#5 - MANFAATKAN MOMENT SPECIAL

Terkadang kita juga harus menerapkan sistem diskon special pada momen2 tertentu. Misalnya, momen ramadhan seperti sekarang ini. 

Anda bisa membuat diskon special. Namun ingat, diskon ini bukan dengan memberikan diskon gila gilaan. Diskon special itu sudah special, maka besaran diskon pun jangan terlalu besar. 

Karena dengan diskon semakin besar, itu sama saja kan dengan menurunkan harga produk dengan semurah mungkin. Lebih baik memberikan diskon daripada menjatuhkan harga produk...