HARUSKAH SAYA MEMAKAI AUTORESPONDER atau EMAIL MARKETING SERVICE SEKARANG JUGA?
Banyak yang bilang "ayo cepet pakai email marketing"..
Atau..
Bilang seperti ini "Segera gunakan email untuk promosi"..
Saya tidak bilang ini salah
Tapi juga ini tidak sepenuhnya benar Sebelum memakai, ada baiknya anda paham..
Apa itu autoresponder?
Apa itu email marketing?
Nah..
Jika anda sudah paham keduanya, bisa jadi tulisan ini akan sangat berguna untuk anda. Saya tidak omong kosong, karena email marketing ini senjata paling ampuh (setidaknya sudah membantu saya selama ini untuk mempromosikan produk saya).
Tapi, keampuhan email marketing itu sendiri seperti para fotografer bilang "man behind the gun". Maksudnya, ya tergantung siapa dulu yang pegang "senjata" itu?
Sehebat dan sebagus apapun tool email marketingnya, tapi jika "man" yang memegang senjatanya tidak sesuai, ya tidak akan ada gunanya juga. Ini juga berlaku untuk tool tool lain selain tool email marketing ya hehe
Secara pribadi, saya sendiri sudah memakai email marketing atau lebih tepatnya sudah berlangganan email autoresponder sejak pertengah 2013, namun baru benar benar memahami alurnya, baru benar benar menghasilkan, itu di awal 2015an.
Jadi, mulai pertengahan 2013an sampai awal 2015an itu saya tiap bulan bayar langganan email (di getresponse) setiap bulannya $15.
Tidak menghasilkan apapun, kalaupun menghasilkan, itu tidak lebih dari ilmu dan pengalaman menguliknya hehe
Pertanyaan selanjutnya adalah...
Apakah anda sudah waktunya memakai sekaligus berlangganan email marketing?
Saya akan berikan sedikit tipsnya, setidaknya ada 3 tips penting untuk menentukan bahwa anda sudah waktunya untuk sampai pada titik tersebut apa belum...
TIPS #1: Perdalam ilmu tentang TRAFFIC SOURCE
Email marketing sendiri adalah salah satu dari sekian banyak teknik untuk mendatangkan sebuah traffic untuk produk yang kita jual.
Jadi, sebelum mempelajari sekaligus menjalani email marketing, maka wajib hukumnya memahami tentang traffic source itu sendiri..
Gampangnya gini, belajar ilmu hukum pidana. Tidak mungkin kan anda langsung belajar ttg hukum pidana itu sendiri? Pastinya anda harus belajar tentang pengantar ilmu hukum lebih dulu dong.
Kurang lebih seperti itu deh hehe
TIPS #2: Sudah Siap Rugi (ATAU BONCOS)
Jangan kira kalau hanya FB Ads saja yang bisa boncos, email marketing juga sangatlah bisa kok.
Buktinya di pengantar dari tulisan ini tadi, saya sudah mengalaminya hehe. Itu adalah bagian dunia perboncosan yang pernah saya alami di dalam email marketing.
Tapi ingat, saip merugi atau boncos itu jangan berkecil hati karena kehilangan materinya, ambil hikmahnya juga bahwa dari situ kita mendapatkan pengalaman belajar dari kesalahan itu.
Ini yang sebenarnya tidak bisa di ukur keuntungannya dengan materi yang sudah hilang dari boncosnya tadi.
Dengan mental siap rugi juga, tentu anda juga semakin berani mencoba dan belajar terus ttg email marketing. Jangan pernah ragu untuk mencoba email marketing service manapun yang menurut anda cocok dengan metode, bisnis anda sekalipun
TIPS #3: Lulus 100% dari TRAFFIC SOURCE yang GRATIS!
Selama ini, jika ada yang bertanya kepada saya, "Mas enaknya ngiklan dulu apa promosi di FB aja mas?". Saya selalu bilang "Manfaatkan yang gratis dulu, jika work jalanin aja sampai mahir.
Sampai bisa dapetin duit pas lagi tidur. Kalau itu udah oke, baru ngomongin yang bayar bayar kayak ngiklan misalnya".
Menurut saya, ini penting, karena dengan seseorang memahami yang gratis, maka dia akan memahami juga sebuah alur dan prinsip berbayarnya juga.
Apalagi yang gratis sudah menghasilkan, maka biasanya secara otomatis yang bayar pun tidak akan keberatan (relatif sih)..